Marhaban Yaa Ramadhan

Marhaban...Marhaban...Yaa Ramandhan..!

Kalimat inilah yang kan terucap pada lisan kaum muslimin seriringnya berjalannya waktu menyambut bulan penuh berkah, Magfirah (ampunan) bulan yang sangat dirindukan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia, tiada bulan yang lebih istimewa dari pada bulan bulan sebelumnya selain pada bulan suci ramadhan.

Allah SWT berfirman:
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمْ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
"Wahai oarang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang yang bertaqwa". (QS. Al-Baqarah:183)

Ketahuilah bahwa dalam menjalankan ibadah puasa, hendaklah mensucikan hati dari segala aib, sucikan jiwa dari segala noda dan bersihkan tubuh dari segala kotoran. Berlepas dirilah kepada Allah dari musuh-musuh-Nya, tuluskan hati dalam mencintai-Nya, berpuasalah dari segala larangan-Nya baik dalam kesunyian maupun dalam terang-terangan. Takutlah kepada Allah dengan yang sebenarnya. Serahkan diri kepada Allah pada hari-hari puasa dalam menjalankan perintah-Nya. Jika telah menjalankan semua itu, maka kita adalah orang yang berpuasa karena-Nya. Ikhlas karena Allah SWT tidak ada karena yang lain. Maka insyaallah dalam menjalankan ibadah puasa amalan kita akan diterima. Insyaallah.

Maka berbahagialah bagi kaum muslimin yang kan memasuki atau menyambut bulan suci Ramadhan , sebab di bulan ini seorang individu mukmin mendapat waktu yang tepat khusyu' beribadah kepada-Nya dibarengi dengan puasa yang ikhlas. Seperti yang dikatakan olah Nabi Muhammad SAW:

Dari Abu Hurairah berkata:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِه
"Barangsiapa yang puasa karena iman dan berharap pahala dari ridha Allah, maka akan diampuni dosa-dosa yang telah lalu".

Bulan suci Ramandhan dimana orang-orang muslim menjalankan ibadah puasa yang mengandung beberapa makna, nilai sekaligus melatih individu muslim dalam beberapa hal diantaranya: melatih kesabaran, lapar, haus dan hawa nafsu dan dari kesemuanya itu menganduk hikmah untuk diri seorang mukmin yang bertakwa.

Marhaban Yaa Ramadhan..Rasanya rindu akan terobati dengan kehadiran bulan suci Ramadhan, manfaatkanlah bulan penuh berkah dan panen amal ini dengan meningkatkan amalan ibadah kepada Allah yang maha Esa dengan khusyu", sebab Ramandhan yang akan berikutnya belum tentu jasad ini akan menikmatinya. Kebenaran mutlak dari Allah SWT, dan dengan ini saya katakan Wallahu a'lam Bishowab.

0 Response to "Marhaban Yaa Ramadhan"

Poskan Komentar

Selamat Datang Di Blog Online Herbal